Mendengarkan lagu Ayu Tingting yang berjudul "Sik-asik" mengingatkan saya akan perbincangan dengan teman-teman beberapa waktu lalu mengenai komunitas sub-altern. Sebenarnya ini berkaitan dengan behasa sebagai alat kolonalisasi dan perlawanan dari komunitas sub-altern. Apa hubungannya Ayu Tingting dengan bahasa?
Baiklah. Kalau saya mendengar musik, biasanya saya akan berusaha mengasosiasikan lagu yang saya dengar dengan salah satu genre musik yang sudah dikenal (baca: baku). Misalnya, lagu "Don’t Worry"-nya Mas Tony Q akan diasosisasikan dengan genre musik reggae; atau lagunya Taylor Swift yang berjudul "Love Story" dengan mudahnya akan saya identifikasi sebagai musik country. Nah, bagaimana dengan "Sik-asik"-nya Ayu Tingting? Agak nge-dangdut, tapi sedikit K-Pop. Kalau menurut Ko Hans, lagu Sik-asik adalah salah satu bentuk perlawanan komunitas sub-altern terhadap kemapanan yang selalu berhubungan dengan kolonialisasi. Nah, ini sebenarnya yang terjadi pada musik punk di era 1990-an. Perlawanan punk ditunjukkan bukan hanya dari jenis musikanya, tetapi juga melalui kata-kata pada liriknya. Sayangnya, sekarang punk sudah mulai mapan. Punk pun terbeli oleh para kapitalis industri musik yang membungkam suaranya. Punk kehilangan geliatnya.
Yang menarik dari "Sik-asik" (entah disadari atau tidak), ia telah keluar dari kemapanan genre musik dan membentuk satu genre baru yang cukup menghentak dunia musik. Ini biasanya terjadi pada komunitas sub-altern. Komunitas sub-altern sebagai komunitas yang terpinggirkan, tersigkirkan, dan tertindas, membentuk nilai-nilainya sendiri sebagai perlawanan terhadap kemapanan. Mereka menyuarakan suara-suara yang seringkali luput dari pendengaran masyarakat. Sayangnya, ketika suara-suara sub-altern mulai menggema, para kapitalis segera membungkamnya dengan kemapanan. Inilah yang, menurut saya, terjadi pada musik punk. Suara-suara perlawanan punk lama-kelamaan dibungkam oleh kapitaslisasi industri musik untuk meredam pemberontakannya.
Namun demikian suara-suara sub-altern akan terus berkumandang. Misalnya dalam bahasa. Selama ini bahasa dibakukan, dibuatlah kamus kosakata baku untuk mengontrol perkembangan bahasa. Akan tetapi selalu saja berkembang kosakata tidak baku dalam pergaulan masyarakat. Menurut Ci Yesie, kata-kata seperti kamseupay, unyu-unyu, dan lain-lain merupakan bentuk perlawanan sub-altern terhadap kemapanan dan kolonialisasi. Kata Mbak Bobo, mengutip entah dari mana (lupa, ces), bahasa merupakan alat kolonialisasi. Bahasa dan pembakuan kosakata kadang menjadi alat kolonialisasi dan menolak keberadaan komunitas sub-altern. Melalui bahasa juga komunitas sub-altern memperdengarkan suara-suara perlawanannya terhadap kolonialisasi. Karena itu, bahasa selain dapat dijadikan alat kolonialisasi, dapat juga dijadikan alat perlawanan terhadap kolonialisasi.
O ya, menurut saya komunitas sub-altern bukan hanya komunitas maryarakat yang bener-benar terpinggirkan, seperti waria, komunitas homoseksual, anak jalanan, orang-orang dengan disabilitas, masyarakat miskin pinggiran dan lain-lain, tetapi juga masyarakat pada umumnya yang gerah terhadap kemapanan dan kontrol yang berlebihan dari penguasa. Semakin dibabat, semakin merambat, komunitas sub-altern yang terus-menerus dibungkam juga akan semakin menggeliat.
Baiklah. Kalau saya mendengar musik, biasanya saya akan berusaha mengasosiasikan lagu yang saya dengar dengan salah satu genre musik yang sudah dikenal (baca: baku). Misalnya, lagu "Don’t Worry"-nya Mas Tony Q akan diasosisasikan dengan genre musik reggae; atau lagunya Taylor Swift yang berjudul "Love Story" dengan mudahnya akan saya identifikasi sebagai musik country. Nah, bagaimana dengan "Sik-asik"-nya Ayu Tingting? Agak nge-dangdut, tapi sedikit K-Pop. Kalau menurut Ko Hans, lagu Sik-asik adalah salah satu bentuk perlawanan komunitas sub-altern terhadap kemapanan yang selalu berhubungan dengan kolonialisasi. Nah, ini sebenarnya yang terjadi pada musik punk di era 1990-an. Perlawanan punk ditunjukkan bukan hanya dari jenis musikanya, tetapi juga melalui kata-kata pada liriknya. Sayangnya, sekarang punk sudah mulai mapan. Punk pun terbeli oleh para kapitalis industri musik yang membungkam suaranya. Punk kehilangan geliatnya.
Yang menarik dari "Sik-asik" (entah disadari atau tidak), ia telah keluar dari kemapanan genre musik dan membentuk satu genre baru yang cukup menghentak dunia musik. Ini biasanya terjadi pada komunitas sub-altern. Komunitas sub-altern sebagai komunitas yang terpinggirkan, tersigkirkan, dan tertindas, membentuk nilai-nilainya sendiri sebagai perlawanan terhadap kemapanan. Mereka menyuarakan suara-suara yang seringkali luput dari pendengaran masyarakat. Sayangnya, ketika suara-suara sub-altern mulai menggema, para kapitalis segera membungkamnya dengan kemapanan. Inilah yang, menurut saya, terjadi pada musik punk. Suara-suara perlawanan punk lama-kelamaan dibungkam oleh kapitaslisasi industri musik untuk meredam pemberontakannya.
Namun demikian suara-suara sub-altern akan terus berkumandang. Misalnya dalam bahasa. Selama ini bahasa dibakukan, dibuatlah kamus kosakata baku untuk mengontrol perkembangan bahasa. Akan tetapi selalu saja berkembang kosakata tidak baku dalam pergaulan masyarakat. Menurut Ci Yesie, kata-kata seperti kamseupay, unyu-unyu, dan lain-lain merupakan bentuk perlawanan sub-altern terhadap kemapanan dan kolonialisasi. Kata Mbak Bobo, mengutip entah dari mana (lupa, ces), bahasa merupakan alat kolonialisasi. Bahasa dan pembakuan kosakata kadang menjadi alat kolonialisasi dan menolak keberadaan komunitas sub-altern. Melalui bahasa juga komunitas sub-altern memperdengarkan suara-suara perlawanannya terhadap kolonialisasi. Karena itu, bahasa selain dapat dijadikan alat kolonialisasi, dapat juga dijadikan alat perlawanan terhadap kolonialisasi.
O ya, menurut saya komunitas sub-altern bukan hanya komunitas maryarakat yang bener-benar terpinggirkan, seperti waria, komunitas homoseksual, anak jalanan, orang-orang dengan disabilitas, masyarakat miskin pinggiran dan lain-lain, tetapi juga masyarakat pada umumnya yang gerah terhadap kemapanan dan kontrol yang berlebihan dari penguasa. Semakin dibabat, semakin merambat, komunitas sub-altern yang terus-menerus dibungkam juga akan semakin menggeliat.
Comments
Post a Comment